SEMINAR CAREGIVER DIHARAP LAHIRKAN TENAGAKERJA PROFESIONAL

MAMUJU, — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar melalui dinas tenaga kerja (Disnaker) bekerjasama Kaikoukai Healtcare Group asal Jepang, menggelar seminar internasional Caregiver di ruang auditorium lantai 4 kantor gubernur Sulbar, Kamis (30/1).
Sekprov Sulbar, Dr Muhammad Idris, mengemukakan, keuntungan mengikuti seminar tersebut adalah membuka cakrawala berpikir internasional yang diharapkan melahirkan tenaga kerja profesional dibidang keperawatan.
”Kalau boleh saya identifikasi, keuntungan dari seminar ini adalah kita membuka cakrawala berpikir secara internasional,” ucap Idris.
Dijelaskan, seseorang dapat disebut profesional apabila memiliki tiga hal. Yakni keahlian, etika, dan komitmen bekerja tinggi.


”Caregiver yang memiliki keahlian tidak menangani orang dengan cara biasa, etika yang dimiliki luar biasa, serta bekerja dengan hati yang tidak hanya mengejar target dan ukuran-ukuran pendapatan saja. Selain itu, komitmennya juga dalam menjalankan tugas sangat tinggi,” sebut Idris.
Idris berharap, seminar tersebut dapat menjadi lokomotif baru dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sulbar, sesuai visi misi Pemprov Sulbar yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022.
”Hal ini untuk memastikan bahwa pengelolaan SDM kita ini tidak sembarangan atau tidak beraturan,” tandas Idris.
Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulbar, Drs. MADDARESKI SALATIN, M.Si, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan mewujudkan percepatan pencapaian program Pemprov Sulbar. Khususnya pada misi pertama, yakni membangun SDM yang berkualitas, berkepribadian, dan berbudaya. Selain itu, juga memperkenalkan kepada masyarakat Sulbar angkatan kerja yang memiliki latar belakang dan minat kerja pada bidang kesehatan.
Maddareski berharap, para peserta seminar dapat tertarik mengikuti program magang di Jepang setelah melalui beberapa tahapan, yang tentunya sudah memenuhi persyaratan.
”Seminar ini merupakan tindaklanjut dari kerja sama yang telah terjalin antara Pemprov Sulbar dengan pihak Kaikoukai Healtcare Group dalam rangka peningkatan sarana dan prasarana kesehatan, khususnya pengembangan SDM pada bidang kesehatan,” tandasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *